Biografi Bobby Fischer




Lahir pada tanggal 9 Maret, 1943 Amerika kelahiran catur master yang menjadi grandmaster termuda dalam sejarah ketika ia menerima gelar pada tahun 1958. hal kehilangan menguasai diri muda-Nya dan bermain brilian menarik perhatian publik Amerika ke permainan catur, terutama ketika ia memenangkan juara dunia pada tahun 1972.

Fischer belajar gerakan catur pada usia 6 dan 16 putus sekolah tinggi untuk mengabdikan dirinya sepenuhnya ke permainan. Pada tahun 1958 ia memenangkan kejuaraan pertama dari Amerika. Dalam dunia kandidat kejuaraan pertandingan selama 1970-1971, Fischer memenangkan 20 pertandingan berturut-turut sebelum kalah sekali dan menggambar tiga kali untuk mantan juara dunia Tigran Petrosyan Uni Soviet pada pertandingan final dimenangkan oleh Fischer. Pada tahun 1972 Fischer menjadi yang pertama kelahiran asli Amerika untuk menyandang gelar juara dunia ketika ia mengalahkan Boris Spassky Uni Soviet dalam pertandingan yang sangat dipublikasikan diadakan di Reykjavík, Islandia. Dengan demikian, Fischer memenangkan berbagi pemenang $ 156.000 tentang tas $ 250.000.


Ketika bermain Putih, Fischer hampir selalu dibuka dengan 1. E4. kemenangan-Nya umumnya dihasilkan dari serangan kejutan atau serangan balik bukan dari akumulasi keuntungan kecil, namun permainannya tetap kedudukan suara. Pada tahun 1975 Fischer menolak untuk bertemu penantang Soviet itu, Anatoly Karpov, dan Federation Internationale des Échecs (FIDE, federasi catur internasional) dicabut dia dari kejuaraan dan dinyatakan juara Karpov secara default. Fischer kemudian menarik diri dari bermain serius selama hampir 20 tahun, kembali untuk mengalahkan Spassky dalam pertandingan ulang pribadi diselenggarakan pada tahun 1992.


Setelah mengalahkan Spassky, Fischer mundur mengasingkan diri, sebagian karena ia telah melanggar pembatasan AS berpartisipasi dalam peristiwa di Yugoslavia. Pada tanggal 13 Juli 2004, ia ditahan di Narita Airport di Tokyo setelah pihak berwenang menemukan bahwa paspor AS-nya telah dicabut. Fischer berjuang deportasi ke Amerika Serikat, di mana ia menghadapi dakwaan pidana karena melanggar sanksi terhadap bekas Yugoslavia. Pada tanggal 21 Maret 2005, Fischer diberi kewarganegaraan Islandia dan dalam beberapa hari diterbangkan ke Reykjavík, tempat pertemuannya yang terkenal di dunia dengan Spassky.


Bobby Fischer meninggal pada tanggal 17 Januari 2008, di Reykjavík, Islandia.


Dia juga pernah di tahan di jepang



Fischer Resmi Tinggalkan Jepang


Mantan juara catur dunia asal Amerika, Bobby Fisher meninggalkan Jepang, tempat dimana ditahan selama delapan bulan. Pecatur berusia 62 tahun tersebut menaiki pesawat menuju ke Copenhagen, sebelum kemudian terbang ke Islandia.

Ia terbang ke Islandia, yang memberikannya kewarganegaraan untuk menghormati kemenangannya atas juara catur bekas Sovyet, Boris Spasky tahun 1972. Tokoh yang dianggap oleh sebagian pihak sebagai pecatur paling jenius dunia, yang dibebaskan setelah delapan bulan dipenjara di Jepang, terlihat bingung dan berantakan.

Janggut putihnya yang tebal membuat Bobby Fischer tampak seperti seorang nabi. Bobby Fischer kemudian dibawa ke bandar udara Narita, Tokyo, dan berangkat ke Islandia, negara yang menawarkan kewarganegaraan. Saya tidak akan merasa bebas sampai saya meninggalkan Jepang.


Jepang sebelumnya berniat mengirim Fischer ke AS dimana dia dikenai dakwaan melanggar sanksi yang dikenakan pada bekas Yugoslavia. Di Bandara, Fischer mengeluarkan amarah atas pemenjaraannya, dengan menuduh pemerintah Jepang menculiknya dan menyebut presiden Bush dan PM Junichiro Koizumi sebagai penjahat perang.


"Saya tidak akan bebas sampai saya keluar dari Jepang. Ini bukan penahanan. Ini adalah penculikan yang dibuat oleh Bush dan Koizumi," katanya. Dia ditahan pada bulan Juli karena memegang paspor Amerika yang sudah tidak berlaku. Islandia turun tangan untuk membantu mantan juara dunia catur yang eksentrik ini sebagai rasa terima kasih karena 33 tahun lalu Fischer menempatkan negara kecil di Atlantik Utara ini di peta dunia.


Saat itu dia memenangkan pertandingan perang dingin yang dramatik melawan juara catur Soviet Boris Spassky. Islandia kini harus berurusan dengan emosi Fischer yang tidak menentu dan juga pernyataannya yang seringkali menyinggung perasaan.


Namun pendukungnya mengatakan jika Fischer tidak diganggu dia akan tenang dan melanjutkan olahraga yang mendominasi kehidupannya.




 Sumber: http://kask.us/8066223

| Free Bussines? |

Baca Ini Juga:



0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...