Biografi Arsene Wenger




Arsene Wenger, lahir pada tanggal 22 Oktober 1949 di strasbourg France, Dia adalah seorang asosiasi sepakbola Perancis manajer dan mantan pemain, yang telah berhasil Liga utama Inggris yaitu Arsenal sejak tahun 1996. Setelah menyelesaikan Bachelor dan gelar Master di Teknik Elektro dan Ekonomi masing-masing di Universitas Strasbourg, Wenger memulai karir pendek , pindah ke tiga klub Prancis yang berbeda dalam waktu delapan tahun-yang terakhir menjadi RC Strasbourg pada tahun 1981. Dalam waktu singkat dia berhasil masuk di klub papan atas AS Nancy-Lorraine, sebelum memasuki masa yang sangat sukses di AS Monaco, memenangkan kejuaraan Ligue 1 di musim pertamanya dan kemudian Coupe de France pada tahun 1991, bersama dengan bakat muda berkembang seperti Youri Djorkaeff, George Weah dan Thierry Henry. Pada tahun 1995, ia melatih Jepang J-League sisi Nagoya Grampus Eight, memenangkan Piala Kaisar bergengsi dan Piala Super Jepang.
Di Arsenal, Wenger menjadi manajer non-Inggris pertama yang memenangkan Double di sepakbola Inggris di tahun 1998 dan direplikasi prestasi pada tahun 2002. Pada tahun 2004, ia menjadi satu-satunya manajer dalam sejarah Liga Premier melalui seluruh musim terkalahkan,yang berakhir di 49 pertandingan. Wenger juga membawa Arsenal dalam penampilan pertama dalam final Liga Champions pada tahun 2006 di Paris, namun kalah dari Barcelona pada final.
Meskipun piala tandus di musim terakhir, Wenger secara luas dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu manajer terbaik di dunia. Dia telah dijuluki "mukjizat" oleh mantan wakil ketua David Dein, untuk mencapai keberhasilan maksimum dengan sumber daya sedikit dan sering dikreditkan untuk merevolusi negara dari permainan. Julukan Le Professeur diberikan kepadanya oleh mantan pemain Arsenal dan masih digunakan oleh penggemar dan media Inggris hari ini, mencerminkan nya cerdas dan berpikir ke depan. Wenger juga terkenal karena multibahasa, di samping fasih berbahasa Perancis, Jerman dan Inggris, ia juga mengerti beberapa bahasa Italia, Spanyol, Portugis dan Jepang. 


Putra dari Alphonse dan istri Louise Wenger, Arsene Wenger Charles Ernest lahir di Strasbourg dan dibesarkan di desa dekat Duttlenheim dengan kakak dan adiknya. Orangtuanya yang memiliki sebuah bisnis suku cadang mobil di Strasbourg, serta distro di Duttlenheim bernama La Croix d'Or. Berbicara tentang ia dibesarkan di atas La Croix d'Or, ia dinyatakan dalam sebuah alamat ke Asosiasi Manajer Liga:

"Tidak ada pendidikan yang lebih baik psikologis daripada tumbuh di sebuah pub ... saya belajar tentang taktik dan seleksi dari orang-orang berbicara tentang sepak bola di pub . Yang bermain di sayap kiri dan siapa yang harus dalam tim"

Wenger menikah dengan mantan pemain basket Annie Brosterhous, dan ia memiliki satu putri, Lea lahir 1997, dan saat ini tinggal di Totteridge, London. Dia juga merupakan duta merek dunia untuk Piala Dunia. Piala sponsor Castrol, dan sebagai bagian dari pengaturan yang telah melakukan kamp pelatihan beberapa tim muda internasional di seluruh dunia, serta menasihati dan memberikan masukan ke Castrol Performance. Ia juga menulis sebuah buku tentang manajemen sepak bola eksklusif untuk pasar Jepang, Shōsha ada Roh (勝者 の エスプリ Shōsha ada Esupuri?, diterangi Roh penaklukan dalam bahasa Inggris dan. L'esprit conquérant dalam bahasa Perancis), diterbitkan oleh Penerbitan Broadcast Jepang (anak perusahaan NHK) pada bulan September 1997, di mana dia menyoroti filosofi managerial, cita-cita dan nilai-nilai, serta pemikirannya tentang sepak bola Jepang dan permainan secara keseluruhan.


Karier
Sebagai Player >>>>>> Strasbourg : Ligue 1-1978-1979

Sebagai Manager >>>> Monaco


Winner : Ligue 1 (1): 1987–88

Coupe de France (1): 1990–91

Runner-up : UEFA Cup Winners' Cup (1): 1991–92,

Ligue 1 (3): 1990–91 1991–92 1992–93,
Nagoya Grampus Emperor's Cup (1): 1995,
J-League Super Cup (1): 1996

FA Premier League (3): 1997–98, 2001–02, 2003–04
FA Cup (4): 1997–98, 2001–02, 2002–03, 2004–05
FA Community Shield (4): 1998, 1999, 2002, 2004

Sebagai Individual

  • French Manager of the Year: 1988,[citation needed] 2008.
  • J. League Manager of the Year: 1995.
  • Officer of the British Empire: 2003.
  • Onze d'Or Coach of The Year: 2000, 2002, 2003, 2004.
  • FA Premier League Manager of the Year: 1998, 2002, 2004.
  • LMA Manager of the Year: 2001–02, 2003–04.
  • BBC Sports Personality of the Year Coach Award: 2002,2004.
  • Freedom of Islington: 2004.
  • FWA Tribute Award: 2005.
  • English Football Hall of Fame: 2006.
  • Premier League Manager of the Month (11): (March 1998, April 1998, October 2000, April 2002, September 2002, August 2003,[146] February 2004, August 2004,September 2007,December 2007,February 2011).
  • World Coach of the Decade.

Pujian dan Penghargaan
Wikiquote memiliki koleksi kutipan yang berkaitan dengan: Arsene Wenger,
Wenger menikmati banyak dukungan dari fans Arsenal, yang menunjukkan iman yang luar biasa dalam manajer dan visi jangka panjang nya. Pada kampanye pidato perpisahan Arsenal di Highbury tahun 2005-06, pendukung menunjukkan penghargaan dengan memutuskan untuk membuat"Wenger Day" sebagai salah satu dari berbagai "themed matchday".
  • Wenger day diadakan pada hari ulang tahun ke-56 nya pada tanggal 22 Oktober 2005, selama pertandingan melawan Manchester City.David Dein, wakil ketua-mantan Arsenal, menggambarkan Wenger sebagai manajer yang paling penting dalam sejarah klub:... "Arsene adalah pekerja ajaib Dia merevolusi klub Dia berubah pemain menjadi pemain kelas dunia Karena ia telah di sini, kita memiliki dilihat sepak bola dari planet lain .
  • Pada tanggal 18 Oktober 2007, patung perunggu ditugaskan dari Wenger, mirip dengan versi sebelumnya Herbert Chapman, ini diresmikan sebagai penghargaan kepadanya, oleh dewan direksi Arsenal, di klub.
  • Wenger diberikan dekorasi Prancis tertinggi, Legio d'Honneur, pada tahun 2002. [101] Dia telah diberikan sebuah OBE kehormatan untuk pelayanan kepada sepakbola Inggris di Daftar Honours Ulang Tahun Ratu tahun 2003, bersama dengan sesama Prancis dan kemudian manajer Liverpool Gérard Houllier.
  • Pada tahun 2006, Wenger dilantik menjadi duta sepakbola inggris sebagai pengakuan atas prestasi sebagai seorang manajer dalam permainan Inggris. Dia adalah manajer asing kedua yang akan dilantik ke Hall of Fame, setelah kelahiran Italia Dario Gradi dari Crewe Alexandra.
  • Pada tahun 2007, Wenger memiliki sebuah asteroid, "33179 Arsènewenger" ,oleh astronom Ian P. Griffin, yang menyatakan Arsenal adalah klub sepak bola favoritnya.
  • Pada tanggal 11 Januari 2011, diumumkan bahwa Wenger bernama "Dunia Dalam Pelatih Dekade" oleh Federasi Internasional Sejarah Sepakbola & Statistik. Organisasi agregat hasil dari setiap tahun dekade, dan dia nyaris mengalahkan Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho.

Kontroversi
Wenger telah terlibat dalam sejumlah kontroversi. Sisi Wenger sering dikritik karena ketidakdisiplinan mereka, menerima 73 kartu merah antara 1996 dan 2008. Namun, di 2004 dan 2005, Arsenal Wenger memenangkan tabel Fair Liga Premier Liga Play perilaku olahraga dan hampir mengulangi prestasi pada tahun 2006. Rekor mereka sebagai salah satu klub yang paling olahraga di divisi terus hingga 2009 dengan klub sebuah fitur di atas empat dari tabel Fair Play. Wenger lagi berada di puncak klasemen fair play untuk musim 2009-10.
Pada tahun 1999, Wenger menawarkan Sheffield United pengulangan mereka putaran Piala FA kelima pertandingan segera setelah pertandingan itu selesai.
Ia juga terkenal karena persaingannya dengan manajer Manchester United Sir Alex Ferguson. Persaingan ini mencapai puncaknya dan terkenal "Pizzagate" insiden di Old Trafford pada Oktober 2004 setelah penalti kontroversial mengakibatkan kekalahan 2-0 dan mengakhiri pertandingan tak terkalahkan Arsenal 49 Premier League dijalankan. Setelah pertandingan, anggota dari sisi Arsenal diduga melemparkan makanan pada oposisi di dalam terowongan. Wenger didenda £ 15.000 untuk menelepon Serikat Ruud van Nistelrooy "cheat" dalam sebuah wawancara televisi pasca-pertandingan. Ia kemudian didenda untuk kembali menelepon van Nistelrooy penipu, menunjukkan bahwa ia sangat yakin klaimnya. Kedua manajer telah sejak sepakat untuk meredam kata-kata mereka dalam upaya untuk meredakan persaingan.
Selama Oktober dan November 2005, Wenger terlibat dalam perang kata-kata dengan Manajer Chelsea Jose Mourinho. Mourinho menuduh Wenger memiliki "obsesi yang tidak profesional" dengan Chelsea, label Wenger sebuah "tikus" dan "voyeur" Mourinho dikutip mengatakan, "Dia khawatir tentang kita, dia selalu bicara tentang kita -. Itu Chelsea , Chelsea, Chelsea, Chelsea ". Wenger menanggapi dengan menunjukkan ia hanya menjawab pertanyaan wartawan tentang Chelsea, dan menggambarkan sikap Mourinho sebagai" tidak sopan ". Mourinho sejak dikutip mengatakan bahwa ia menyesalkan" voyeur "komentar, dan Wenger telah menerima permintaan maafnya. Wenger sering dikritik oleh manajer Liga Premier lain karena tidak tangkas banyak pemain Inggris, terutama di Liga Champions. Mantan manajer West Ham United Alan Pardew mengatakan Champions Arsenal keberhasilan League "tidak selalu berarti kemenangan bagi sepakbola Inggris". Wenger melihat isu kewarganegaraan tidak relevan dan berkata, "Ketika Anda mewakili sebuah klub, ini tentang nilai-nilai dan kualitas , bukan tentang paspor ", juga menyiratkan bahwa ada aspek rasial Pardew apa yang dikatakan. Sebagai tanggapan, Pardew mengatakan bahwa, "Seorang manajer yang menikah dengan orang Swedia dan telah ditandatangani pemain dari seluruh dunia tidak dapat disebut rasis." Lain pakar, termasuk Trevor Brooking, direktur pengembangan sepak bola di Bola Asosiasi, membela Wenger. Brooking mencatat bahwa kurangnya pemain Inggris di salah satu klub Inggris yang paling sukses adalah lebih merupakan refleksi dari bakat-bakat di Inggris daripada Wenger sendiri. Beberapa bahasa Inggris pemain memulai karir mereka di Arsenal di bawah Wenger, termasuk David Bentley, Steve. Sidwell, Jermaine Pennant, Matthew Upson, dan mungkin terutama Ashley Cole, dan talenta muda Inggris seperti Theo Walcott, Kieran Gibbs dan Jack Wilshere sedang membangun karir di Arsenal.
Wenger membuat pernyataan kontroversial wasit setelah keputusan tidak pergi ke arah timnya. Setelah final Piala Carling pada tahun 2007, dia disebut 'pembohong' sebuah hakim garis, yang mengarah ke investigasi oleh Asosiasi Sepakbola, denda £ 2500, dan peringatan. Wenger sering mencoba membela para pemainnya ketika terlibat dalam insiden kontroversial di lapangan dengan mengatakan bahwa ia tidak melihat insiden;. ini merupakan pilihan Wenger mengatakan dia resort ketika tidak ada " rasional penjelasan "untuk membela dirinya, dan bahwa dia memiliki kepentingan pemain terbaik dalam pikiran. 

Sumber: 
http://en.wikipedia.org/wiki/Ars%C3%A8ne_Wenger
http://kask.us/9919021

| Free Bussines? |

Baca Ini Juga:



0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...